Revell 1/144 Tornado Marineflieger

Revell 1/144 Tornado Marienflieger



Model kit murah meriah dari Revell. Skala memang mini, 1/144, tapi detil di mokit ini cukup oke. Panel line beraliran recessed, sehingga proses sanding & weathering lebih mudah. Panel line memang masih terlalu lebar,  belum sehalus keluaaran sweer, tapi ya dengan harga hanya 40 ribu rupiah, saya sudah sangat puas.

Yang saya paling suka disini adalah lengkapnya persenjataan yang disediakan. Ada ECM POD, drop tank, sidewinder, dan sea eagle. Kalau kita bicara mokit di skala ini jangan terlalu berharap fin rudal setipis aslinya. Semua Fin di ECM POD, drop tank, sidewnder, dan sea eagle terlalu tebal. Untungnya bisa diatasi dengan bantuan kikir dan amplas, Hati hati sewaktu menipiskan fin depan sidewinder. Ukurannya sangat kecil di skala ini. Pastikan outline nya tetap benar.

Selain itu di model ini juga disediakan opsi airbrake ter deploy. Saya suka pose ini, karena menurut saya tornado lebih terlihat dramatis pada saat airbrake ter deploy.

Urusan kokpit juga sangat memuaskan di skala ini. Tersedia cockpit tub, ejection seat, instrument panel, dan control stick. Tinggal di cat dengan benar, hasilnya akan memuaskan dibalik kanopi mini model ini.   

Bagian paling susah dikoreksi adalah air intake, Di model ini dindingnya terlalu tebal. Banyaknya detail di sisi luar menyebabkan proses penipisan harus dilakukan di sisi dalam. Masalahnya adalah ukuran intake yang kecil, menyebabkan kikir tidak bisa digunakan. Disini saya menggunakan sepotong kecil kertas amplas yang ditempel ke obeng kecil. Harus sabar di bagian ini untuk dapat hasil yang memuaskan. Intake trunking memang tidak disediakan, tapi ada blanking plate untuk mencegah efek see trough. Cukup cat blanking plate hitam, maka intake akan telihat cukup realistis di skala ini. 

Soal cat saya menggunakan Humbrol acrylic, Pada saat membuat model ini saya belum mempunyai airbrush, hanya mengandalkan kuas saja. Untungnya Humbrol acrylic sangat mudah di kuas. Pola kamuflase two tone gray disini cukup sederhana, sehingga saya tidak perlu menggunakan masking.

Tampilan decal revell memang sedikit meragukan, Backing papernya sudah sedikit menguning. Tapi dengan perendaman yang sedikit lama, decal bisa diaplikasikan tanpa ada masalah yang berarti.

Terakhir model diproteksi dengan flat coat, dan panel line di enhance dengan bantuan cat air warna hitam.

Kesimpulannya :


Ini adalah model kit murah meriah dengan detil yang cukup lengkap. Akurasi mungkin kurang, tapi bentuk jadinya si cukup mirip dengan Tornado, Recomeded untuk modeller yang cukup sabar untuk mengolah parts plastik yang terlalu tebal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar