Review : Hobbyboss 1/700 Typhoon Russian SSBN


Typhoon adalah kapal selam terbesar yang pernah dibuat. Berat submerge nya sekitar 48000 ton, bandingkan dengan saingan terdekatnya dari Amerika SSBN Ohio yang “hanya” 19000 ton. Ukuran raksasa ini untuk menunjang misi utama Typhoon, yaitu sebagai peluncur missil balistik nuklir (SLBM – submarine launched ballistic missile). SLBM, apalagi buatan Soviet/Russia berukuran sangat besar, sehingga ukuran kapal pembawanya pun harus disesuaikan. Ukuran besar ini juga menyediakan ruang ekstra bagi kenyamanan awaknya, bahkan didalamnya ada gym dan kolam renang.


Bentuk Typhoon juga cukup unik. Kapal selam lainnya umunya berprofil lingkaran, tapi Typhoon berprofil ellips horizontal. Bentuk melebar ini karena Typhoon memiliki multiple pressure hull. Disain ini dapat mengingkatkan survivabilitas.

Hobby boss mengeluarkan dua buah model kit Typhoon, skala 1/350 dan 1/700. Mokit skala 1/350 sangat detail. Pintu peluncuran SLBM bisa diposisikan terbuka di skala ini. Typhoon adalah kapal selam berukuran raksasa, sehingga model skala 1/350 nya pun berukuran cukup besar. Bagi modeler yang tidak memiliki ruangan cukup besar untuk memajang model 1/350, hobbyboss juga mengeluarkan versi 1/700 nya.

Typhoon 1/700 ini lebih sederhana dari versi 1/350. Di skala ini pintu peluncuran SLBM tidak bisa diposisikan terbuka. Tapi untuk urusan detail masih sangat tajam untuk 1/700 walaupun hanya mengandalkan plastic parts.
Hull


Hydroplane dan periscope mast dapat diposisikan tersimpan atau terdeploy. Shrouded propeller di skala ini berukuran sangat kecil. Sehingga hobbyboss menyediakan dalam bentuk satu part. Dengan pengecatan yang baik, part ini akan terlihat realistis.
Periscope mast


Hull surface detail di model ini memang sedkit berlebihan. Kapal selam modern seharusnya berkulit mulus. Perlu sanding di permukaan hull untuk menghasilkan tekstur anechoic tile yang realistis.  
Hull detail


Part count yang cukup sedikit dan proses perakitan yang sederhana membuat mokit ini cocok untuk pemula.
 
Instruction
Modeler yang lebih berpengalaman bisa membuat model yang realistis dengan mokit ini. Kapal selam modern pada dasarnya berbentuk monoton, tapi dengan teknik weathering yang tepat dapat menjadi model yang eye catching. Tidak hanya itu, ukuran model yang kecil memungkinkan untuk membuat diorama yang tidak terlalu memakan tempat. Typhoon sedang berlabuh di dermaga beku dengan sedkit lapisan es diatas hull sepertinya akan jadi diorama yang unik.

Tersedia di Rumah MoKit
  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar