Review : Sweet 1/144 Bf 109 F4 Winter War

Sweet 1/144 Bf109 box
Bf109 F4

Bf109 adalah pesawat yang menantang untuk diterbangkan, tapi di tangan ahlinya pesawat ini adalah senjata yang sangat efektif. Terbukti banyak pilot handal Jerman yang menjadi ace di fighter ini seperti Erich Hartmann, Adolf Galland, Werner Models, dll. Semuanya mencapai kill yang impresif dengan Bf109.


Tidak hanya menantang diudara, Bf109 juga cukup sulit ditangani di darat, pada saat take off dan landing. Kesulitan ini disebabkan karena jarak antar landing gear yang terlalu rapat. Hal ini terjadi karena Messerschmitt menempatkan landing gear pada sisi fuselage, dan bukan pada sayap seperti pesawat lain. Walaupun menyulitkan take off dan landing, konfigurasi seperti ini bisa menghasilkan struktur pesawat yang kuat tapi ringan. Sesuai dengan filosofi disain Messerschmitt untuk mengawinkan mesin terkuat dengan airframe teringan.  

Bf109 terus mengalami evolusi sehingga menjadi fighter andalan Jerman sejak perang sipil Spanyol sampai akhir WWII. Salah satu versi yang paling baik adalah Bf109F. Versi ini dioptimasi untuk memperbaiki kekurangan Bf109 di kecepatan dan jangkauan. Hal ini dilakukan dengan mereduksi drag dan efisiensi mesin. Versi ini adalah versi yang paling aerodinamis. Engine cowling dan radiator intake lebih smooth. Elevator bracing struts dihilangkan. Sampai ke flap inlet dan outlet radiator yang bergerak otomatis untuk optimasi cooling dan drag.   

Setelah versi F, ada Bf109G. Di versi ini dijejalkan peralatan tambahan sehingga banyak lekukan tambahan di luar body. Banyak pilot yang menyukai versi G, tapi versi F lebih disukai. Terbukti dengan pengembangan selanjutnya, Bf109K yang dibuat berdasarkan bentuk aerodinamis Bf109F.

Sweet 1/144 Bf109 F4

Nama Sweet mungkin belum familiar di model kit Indonesia. Sweet berasal dari Jepang, negara yang terkenal dengan manga dan presisi. Dua hal yang cukup direpresentasikan di mokit ini.

Box art mokit ini memang tidak umum. Pabrikan mokit lain biasanya memilih foto atau lukisan pesawat yang dramatis dan realistis. Sweet memilih menggunakan gambar manga dan kucing kucing lucu sebagai box art. Don’t judge a book by its cover. Box art ini adalah replica dari pesawat sebenarnya dengan marking actual. Jika mokit 1/144 lain hanya punya satu opsi marking, 1/72 mungkin punya 2 sampai 4, Sweet 1/144 Bf109 ini punya delapan opsi marking. Semuanya untuk Bf109 yang di deploy di winter war.  

Sweet 1/144 Bf109 Marking
Sweet 1/144 Bf109 Decal

Apalah artinya marking ekstensif jika mokitnya sendiri biasa saja. Silahkan cek instruction sheet mokit ini. Instruction sheet ini se level dengan instruction sheet mokit 1/72 standar. Disini terlihat part count yang cukup banyak untuk sebuah model kecil skala 1/144. Sweet tidak pelit part count untuk menghasilkan detail yang realistis, oil coller dan radiator intake dibuat dalam part terpisah untuk menghasilkan detail yang tajam. Sudut landing gear Bf109 cukup unik, dijelaskan dengan gambar yang detail di instruction sheet ini.

Sweet 1/144 Bf109 instruction sheet
 Opsi part yang ada juga cukup ekstensif. Tersedia dua jenis supercharger intake dan canopy.

Sweet 1/144 Bf109 Supercharger intake option 

Sweet 1/144 Bf109 canopy

Umumnya mokit 1/144 kurang diminati karena detail yang kurang realistis. Salah satu parameter adalah panel line. Panel line di 1/144 sangat halus, teknologi injection  molding dipaksa sampai ke limitnya. Panel line pabrikan lain biasanya terlalu lebar di skala ini, dan bahkan banyak yang mengambil jalan pintas dengan menghilangkan panel line samasekali. Silahkan lihat foto parts sweet, panel line milik sweet sangat halus dan cukup realistis di skala ini.

Sweet 1/144 Bf109 Parts

Tidak hanya panel line, part pun dicetak dengan ketebalan yang realistis. Area ini bisa dilihat di propeller dan landing gear door. Molding landing gear juga lengkap dengan oleo struts yang cukup realistis.

Sweet 1/144 Bf109 Propeller
  
Sweet menempatkan detail juga di canopy framing. Canopy frame direpresentasikan dengan raised detail yang tajam. Masalahnya hanya butuh skill yang cukup untuk mengecat detail halus ini.

Dengan harga yang seekonomis ini, anda tidak hanya dapat satu model, tapi anda dapat dua model dalam satu box.

Berminat untuk buat WWII fighter 1/144 yang mini tapi detail, silahkan cek Rumah MoKit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar