Construction tips : Pengukuran dimensi dengan mudah dan akurat menggunakan sigmat

Hobby model kit adalah sebuah seni untuk merakit mokit menjadi miniatur yang semirip mungkin dengan objek aslinya. Parts asli dari mokit sudah didisain seoptimal mungkin untuk membentuk model yang akurat dan detail. Akan tetapi keterbatasan teknologi mass production, limitasi harga, dan keterbatasan referensi pada saat mokit didisain oleh pabrikan membuat mokit tidak sempurna. Bisa jadi ada parts yang bentuknya kurang tepat atau ada detail yang kurang. Disini adalah seni sebenarnya hobby ini, untuk menyempurnakan parts, membuat model yang sebaik mungkin dari kit yang tersedia.

Poin paling powerful dari hobby ini adalah material utamanya, injection molded styrene. Material ini dapat dimodifikasi (dipotong/dilipat/ditipiskan) dengan peralatan sederhana yang masih terjangkau orang biasa. Material ini juga bisa dikombinasikan dengan material tambahan lain seperti pelat styrene, tembaga, kuningan, dan resin.

Proses modifikasi dan pengkombinasian parts standar ini perlu dilakukan dengan ukuran yang tepat. Banyak modeler yang dianugerahi bakat seni tinggi. Mereka bisa mengukur dimensi dengan tepat hanya dengan melihat saja. Mereka bisa memodifikasi kit standar menjadi model yang sangat mengagumkan.

Lalu ada saya, modeler tanpa bakat special itu. Modeler yang tidak bisa mengukur dimensi dengan melihat saja. Untungnya ada banyak alat ukur yang bisa membantu saya.

Salah satu alat ukur favorit saya adalah sigmat/jangka sorong/vernier caliper. Sigmat ini bisa dibeli dengan harga yang oke di toko material yang bagus. Bagi yang berdomisili di Bekasi, bisa membeli alat ini di toko Madju kalimalang dengan harga sekitar 60 ribu saja.

Sigmat

 Di pasaran ada dua material pembuat sigmat, plastik dan logam. Yang plastik harganya sangat murah, tapi saya pribadi lebih suka yang logam. Biarpun sedikit lebih mahal, sigmat dari logam jauh lebih awet dan lebih mudah dipakai.

Bagi yang menginginkan pegukuran sangat presisi dan mudah, tersedia juga sigmat digital. Hasil pembacaan dimensi akan terbaca langsung di layar LCD. Sigmat digital ini bisa didapat di ACE Hardware, tapi harganya lumayan mahal. Bagi saya sigmat mekanik seperti di foto diatas sudah cukup untuk mendapatkan ketelitian sampai 0,1 mm.

Kelebihan sigmat adalah fleksibilitas pengukurannya. Sigmat bisa mengukur dimensi luar, dimensi dalam, dan kedalaman dengan mudah dan akurat.

Dimensi luar objek dapat diukur dengan kaki besar sigmat. Cukup jepit objek yang diukur dengan kaki besar dari sisi luar.

Sigmat outer dimension measurement


Dimensi dalam bisa diukur dengan kaki kecil sigmat. Cukup geser kaki kecil itu ke sisi dalam objek.

Sigmat inner dimension measurement

Kedalaman lubang bisa diukur dengan probe di ujung sigmat. Geser probe ini ke dalam lubang yang diinginkan.

Sigmat depth measurement

Ketiga metode pengukuran ini akan menggeser slide dial. Perhatikan posisi angka 0 di slide dial untuk mendapatkan ketelitian sampai 1mm. Di gambar dibawah, angka 0 di side dial berada di posisi 1,5 static dial, jadi dimensi objek yang terukur adalah 1,5 cm. Lalu perhatikan posisi digit di slide dial. Di slide dial ada angka 0 sampai 9, dan pasti hanya ada 1 angka yang persis sejajar dengan garis di static dial. Di foto dibawah, digit 3 slide dial sejajar dengan garis di static dial. Maka dimensi objek yang diukur adalah 1,5 + 0,03 cm = 1,53 cm. 

Sigmat slide dial

Fleksibilitas dan akurasi pengukuran di sigmat ini bisa mempermudah proses modifikasi part. Salah satu contohnya adalah untuk masking. Masking bisa lebih mudah jika masking tape dipotong sesuai ukuran area yang akan di mask sebelum dipasang di model. Contoh lain adalah untuk menipiskan fin rudal. Fin rudal asli di mokit umumnya terlalu tebal. Fin ini bisa ditipiskan dengan bantuan amplas/kikir. Dengan bantuan sigmat anda bisa mengukur dengan presisi ketebalan fin setelah diamplas, sehingga anda bisa menghasilkan ketebalan yang sama di semua fin rudal.


Bagaimana, hobby mokit ini menarik kan. Hobby ini tidak sekedar membeli kit, lalu merakit. Kita bisa melakukan lebih dari itu, kita bisa menyempurnakan parts yang ada, membuat model yang sebaik mungkin dari kit yang tersedia. Semuanya bisa dilakukan dengan alat yang masih bisa terjangkau orang normal. Jika anda tertarik menggeluti hobby ini, silahkan kunjung toko kami di www.rumahmokit.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar