Review : Hasegawa 1/200 C47 Skytrain 2in1

Hasegawa 1/200 C47 2in1 box

Jika dilihat sepintas, apa sih istimewanya pesawat transport? Kecepatan biasa saja, manuverabilitas nol, tongkrongan kalem.

Tapi jangan salah, lihatlah lebih dalam lagi. Dengan pesawat transport, logistik vital bisa dikirim dengan cepat nyaris kemana saja. Pasukan kawan dimanapun bisa mendapat logistik yg cukup di waktu yg tepat, membuat mereka menjadi kekuatan tempur yg memadai. Tidak hanya logistik, penggelaran pasukan pun bisa lebih fleksibel. Pasukan para bisa diterjunkan di belakang garis lawan, mengacaukan strategi lawan dan menetralisir kekuatan massif lawan.


Menyadari hal ini, petinggi militer Amerika menginginkan pesawat transpor yg mumpuni untuk menghadapi WWII. Waktu dan dana yg terbatas bukan halangan. Mereka memodifikasi DC3, pesawat transpor sipil yg sudah terbukti handal menjadi C47 yang berkemampuan militer.

Tentu saja ada perbedaan pola operasi sipil dan militer. Militer butuh mengangkut muatan besar dan berat, soal kenyamanan nomor sekian. Kursi penumpang pun diganti menjadi webbing sederhana. Selain itu lantai kargo pun diperkuat untu menahan beban berat. Hasilnya kapasitas C47 sesuai kebutuhan operasi militer, bisa membawa muatan sampai 6000 pound. Kargo besar macam Jeep utuh atau kanon 37mm bisa dibawa. 28 pasukan bersenjata lengkap bisa dimuat dengan mudah. Untuk misi evakuasi medis, C47 bisa dilengkapi 14 tandu yang dirawat oleh tiga suster.

C47 juga dilengkapi pintu kargo besar dibelakang. Dengan pintu ini muatan besar bisa dimuat dengan cepat dan mudah. Sebuah fitur yang sangat berharga untuk operasi di pangkalan pada masa perang. Pintu kargo ini juga bisa dibuka saat terbang, sehingga mempermudah proses penerjunan pasukan para.

Tidak hanya membawa kargo secara internal, C47 juga dilengkapi dengan hook untuk menarik glider. Kemampuan menarik glider ini terbukti vital di operasi linud pada akhir WWII. Glider bisa mengangkut muatan banyak, terbang dengan senyap, dan bisa mendarat di lapangan seadanya.

Kebutuhan akan pesawat transpor dan ketangguhan DC3 tidak hanya disadari oleh Amerika, tapi juga lawannya, Jepang. Sebelum WWII Jepang sudah menaksir DC3 dan ingin memproduksinya dengan lisensi. Pada masa perang, Jepang pun melakukan modifikasi pada DC3 untuk peran militer. Hasilnya adalah L2D Type Zero transport.
Secara fisik L2D sangat mirip C47. Perbedaan ada di pemakaian mesin Mitsubishi yang berukuran sedikit berbeda. Di akhir perang logam semakin langka di jepang, sehingga beberapa komponen non vital diganti jadi kayu.

Hasegawa 1/200 C47 Skytrain & L2D Type Zero transport.

1/200 adalah skala utama yang digunakan Hasegawa untuk pesawat penumpang atau kargo. Model pesawat besar di skala ini berukuran cukup kecil sehingga tidak boros tempat. Skala ini cukup kecil sehingga umumnya tidak ada detail interior baik itu kokpit ataupun ruang penumpang/kargo. Jendela penumpang atau kabin umumnya direpresentasikan dalam bentuk decal. Untungnya kualitas molding Hasegawa terkenal bagus, sehingga detail parts dan panel line di model ini tetap ada dan realistis.
Hasegawa 1/200 C47 2in1 fudelage

Detail di mokit ini cukup lengkap. Landing gear C47 direpresentasikan cukup baik dengan tiga part. Propeller dicetak dengan bentuk dan ukuran yang cukup realistis. Detail mesin radial pun disediakan dalam bentuk relief di dalam engine cowling. Ukuran cowling di skala ini sangat kecil, sehingga dengan pengecatan yang benar relief tadi akan menjadi representasi mesin radial yang bagus.

Hasegawa 1/200 C47 2in1 wing

Hasegawa 1/200 C47 2in1 propeler

Hasegawa 1/200 C47 2in1 transparent


Di kotak mokit ini tersedia parts yang cukup untuk membuat dua model C47/L2D utuh. Tersedia tiga pilihan marking, satu untuk C47 dan dua L2D. Perbedaan C47 dan L2D tidak hanya di marking saja. Hasegawa menyediakan antenna dan astrodome yang sesuai untuk C47 dan L2D.

Overall ini adalah kit yang mungil tapi kaya akan detail. Dengan mokit ini anda bisa membuat replika detail dan akurat dari salah satu pesawat paling penting di WWII. 

Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki mokit ini dengan mudah dan murah :)
 
Hasegawa 1/200 C47 2in1 decal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar