Review: Tamiya 1/24 Toyota 86

Tamiya 1/24 Toyota 86 

Toyota 86

Toyota terbiasa bekerjasama dengan pabrikan lain untuk menghasilkan produk berkualitas dengan harga terjangkau seperti Avanza-Xenia dan Rush-Terios. Dalam segmen sports car mereka juga melakukan hal yang serupa, bekerjasama dengan Subaru untuk menghasilkan Toyota 86 dan Subaru BRZ.

Ada kemungkinan Subaru dipilih karena sudah sukses mengimplementasikan boxer engine pada beberapa mobilnya. Boxer engine punya titik berat sangat rendah, menghasilkan mobil dengan handling superior. Hal ini dicapai dengan konfigurasi silinder horizontal, dipasang dengan posisi berhadapan untuk men-drive sebuah crank shaft di tengah. Terlihat sederhana, namun konfigurasi ini menghasilkan lebih banyak gesekan, daripada mesin inline atau V yang umum dipakai mobil lain. Walau demikian, Subaru sepertinya sudah menemukan teknologi yang tepat untuk mengatasi hambatan tersebut.

Selain dibekali mesin boxer yang unik, disain body Toyota 86 pun unggul. Garis body mobil ini terlihat mulus mulai dari bemper sampai knalpot. Tersedia wing spoiler di belakang untuk meningkatkan traksi, menyempurnakan handling mobil ini.

Tamiya 1/24 Toyota 86
Tamiya 1/24 Toyota 86  side box

Kit ini mengingatkan kembali tentang arti sebenarnya hobby model kit, yaitu having fun. Nama besar Tamiya terlihat disini, fitting yang presisi. Modeller memang harus mempelajari instruksi dengan teliti dan memutar otak untuk mendapatkan cara memasang part dan painting sequence yang optimal. Namun saat dilakukan dengan benar part bisa tersambung sempurna. Hasilnya benar-benar seperti foto contoh jadi disamping kotak: engine detail, interior elegan, dan kontur body yang mulus. Semua itu bisa dibuat dengan relatif mudah, tanpa part berukuran mikroskopis. Bravo Tamiya.
 
Tamiya 1/24 Toyota 86 chassis
Tamiya 1/24 Toyota 86 suspension

Perakitan dimulai dari engine dan chassis. Tamiya memang tidak menyediakan boxer engine full yang bisa dipajang sendiri diluar. Boxer engine pada kit ini didisain terintegrasi dengan body, terdiri dari banyak part detail untuk menghasilkan tampilan super realistis. Semua kerja keras Anda untuk detailing mesin tidak akan sia-sia berkat kap mesin yang bisa dibuka-tutup. Kap mesin bisa dibuka dengan mudah, namun saat ditutup bisa menempel rapi, tidak mengganggu kontur mulus 86. Nyaris terlihat seperti kap dicetak menyatu dengan body.
 
Tamiya 1/24 Toyota 86 chrome parts
Kelebihan berikutnya adalah penggunaan chrome yang selektif. Tamiya menyediakan chrome parts berkualitas sangat baik pada area yang memang berwarna chrome seperti velg dan lamp reflector. Area metallic lain seperti engine dan chassis disediakan dengan part plastik biasa. Mempermudah modeler karena tidak perlu susah payah stripping chrome bawaan untuk mengecat ulang dengan metallic shade yang lebih tepat.
 
Tamiya 1/24 Toyota 86 interior
Tamiya 1/24 Toyota 86  clear parts
Pekerjaan selanjutnya adalah interior. Tamiya menyediakan tekstur kulit yang cukup bagus untuk jok dan side panel. Dashboard dicetak detail, lengkap dengan raised relief dan decal. Interior detail ini bisa terlihat cantik dari luar berkat clear parts yang tipis dan jernih. Tamiya juga menyediakan pre-cut masking untuk mempermudah pengecatan jendela secara rapi dan presisi.
Tamiya 1/24 Toyota 86 body
Area berikutnya adalah eksterior. Kap mesin dan bemper dicetak terpisah dari body. Namun dengan perakitan yang tepat, komponen-komponen ini bisa menyatu rapi. Lamp reflector yang kompleks direpresentasikan dengan cukup baik menggunakan chrome parts berkualitas. Anda mungkin perlu berhati-hari saat memoles ujung-ujung kap mesin dan spoiler wing, area ini dicetak dengan ketajaman realistis. Tekanan terlalu besar di area ini akan membuang lapisan cat dan agak sulit di cat ulang.

Setelah semua rapi, Tamiya masih punya kejutan terakhir, yaitu metal sticker. Logo Toyota yang dicetak dengan metal stricker super rapi, memberikan sentuhan akhir terbaik.

Tamiya 1/24 Toyota 86 ini adalah kit yang mendekati sempurna. Fitting bagus, detail, dan cukup mudah dirakit. Kalaupun ada yang perlu ditingkatkan adalah detail seat belt dan engine grill dari PE.

Sedikit catatan, beberapa hari setelah menyelesaikan kit ini, sebuah Toyota 86 diparkir di pinggir jalan, dengan warna merah yang sama dengan yang kami gunakan. Kesempatan langka ini tentu saja tidak disia-siakan. Mobil 1/1 tersebut kami amati dengan detail, dan Tamiya memang bukan sembarang pabrikan mokit. Model Toyota 86 skala 1/24 yang kami buat benar-benar mirip dengan aslinya. Sekali lagi bravo Tamiya untuk masterpiece ini.

Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, terimakasih. 


       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar