Review Aoshima 1/700 Kiev

Aoshima 1/700 Kiev


Cruiser or carrier? why not both.

Amerika dan Soviet punya strategi dan penekanan teknologi pertempuran laut yang berbeda. Amerika bisa dibilang rajanya naval aviation mulai dari WWII sampai sekarang. Mereka memiliki berbagai jenis naval aircraft untuk melaksanakan spektrum misi yang luas, sehingga wajar kalau mereka berinvestasi sangat besar pada kapal induk super bertenaga nuklir. Di sisi lain Soviet menguasai teknologi rudal yang bagus. Mereka memiliki berbagai jenis rudal besar, beberapa diantaranya bahkan berkemampuan supersonic. Satu saja hantaman telak rudal raksasa tersebut konon bisa melumpuhkan kapal induk lawan. Mereka juga memiliki sistem targeting jarak jauh untuk mengoptimalkan jangkauan rudal dengan varian intai maritim Tu-95 dan bahkan menempatkan radar di orbit dalam bentuk satelit RORSAT. Dalam kondisi ini sangat wajar mereka mempunyai armada kapal raksasa peluncur rudal seperti cruiser Kirov dan kapal selam kelas Oscar II. Bahkan kapal sekelas destroyer pun dilengkapi tabung peluncur rudal raksasa yang terlihat jelas.

Saat mendisain kapal induk pun Soviet ingin memaksimalkan kemampuan rudal anti kapal mereka. Kiev adalah contoh kapal induk yang didisain dengan konsep ini. Kiev dilengkapi sejumlah besar peluncur rudal anti kapal SS-N-12. Ukuran rudal SS-N-12 jauh lebih besar dari rudal anti kapal NATO seperti Harpoon dan Exocet. Sehingga disainer Kiev harus mendedikasikan seluruh bagian depan kapal untuk menampung sistem rudal ini. Selain itu Kiev juga dilengkapi torpedo dan peluncur roket anti kapal selam dalam jumlah cukup besar. Kiev bukan sasaran empuk dari udara berkat penjagaan rudal SA-N-3. Pesawat yang bisa menyusup ke dalam akan disambut hangat oleh berondongan peluru 30mm dari CIWS AK630 yang disebar di beberapa titik strategis. Kiev juga dilengkapi meriam dual purpose kaliber 76mm.

Semua persenjataan diatas membuat Kiev memiliki kesaktian seperti cruiser. Bahkan oleh Soviet, Kiev tidak diklasifikasikan sebagai carrier, tapi sebagai aviation cruiser. Sayangnya kesaktian sebagai cruiser tadi memakan ruang cukup besar. Hanya tersedia sedikit ruang di belahan belakang kapal untuk mendukung aviasi baik itu untuk flight deck ataupun hangar. Konsekuansinya Kiev tidak bisa mengoperasikan jet fighter konvensional seperti kapal induk AS. Sebagai gantinya Kiev dilengkapi jet VTOL Yak-38 Forger dan varian heli rotor tandem Ka-25. Ka-25 dilengkapi sensor pendeteksi kapal selam dan permukaan yang cukup bagus, mampu memberikan data targeting berkualitas bagi persenjataan massif Kiev. Yak-38 memang belum terbukti kesaktiannya di pertempuran nyata. Tapi konfigurasi mesin VTOL Yak-38 cukup sesuai untuk dikembangkan menjadi supersonic VTOL, tidak seperti saingannya Harrier yang sudah battle proven tapi secara disain stop di subsonic. Soviet sendiri mengembangkan Yak-38 menjadi Yak-141. Dan kemudian Yak-141 menjadi salah satu referensi disain F-35B. Ada satu kasus yang menarik. Sistem VTOL pada Yak-38 menghasilkan semburan jet yang lebih panas dari Harrier. Jadi Yak-38 hanya bisa mendarat di area tertentu yang sudah diperkuat, tidak boleh mendarat di sembarang area pada flight deck. Karakter ini juga terbawa ke cucu nya, F-35B. USMC sepertinya terbiasa mengoperasikan Harrier, dan mencoba mendaratkan F-35B seperti Harrier. Hasilnya area pendaratan pada flight deck kapal induk rusak terkena semburan jet panas.   

Aoshima 1/700 Kiev
Aoshima 1/700 Kiev bow

Aoshima 1/700 Kiev termasuk kategori waterline. Tidak ada bagian hull yang dibawah permukaan air. Cocok untuk dibuat diorama laut. Dilengkapi pemberat agar model terasa berbobot.
Aoshima 1/700 Kiev flight deck

Part utama model ini adalah upper hull dan flight deck. Surface detail terlihat cukup bagus. Garis-garis pada flight deck ditunjukkan dengan raised relief. Sebagian modeler mungkin ingin sedikit mengamplas relief ini agar terlihat lebih realistis di skala 1/700. Relief tersebut sangat membantu pemasangan decal secara presisi atau membantu pengecatan, tergantung selera setiap modeler. Superstructure cukup sederhana dengan sebagian besar detail dicetak di bulkhead terpisah.
Aoshima 1/700 Kiev parts
Persenjataan seperti rudal, meriam, dan peluncur torpedo disediakan lengkap. Namun mungkin perlu sedikit cleanup dan modifikasi agar bentuknya lebih bagus. 
Aoshima 1/700 Kiev Yak38
Bagian paling menarik dari kit ini adalah selusin fighter Yak-38 Forger. Bentuknya terlihat cukup akurat dengan intake yang cukup meyakinkan. Sayap dan elevator dicetak cukup tipis. Tidak lupa ada recessed panel line tipis dan tajam untuk panel utama pesawat. Selain itu Aoshima juga menyediakan 4 heli Kamov. Bentuk heli terlihat cukup bagus dengan horizontal stabilizer terpisah. Bentuk dasar rotor juga terlihat bagus, tapi perlu sedikit cleanup dan modifikasi.
Aoshima 1/700 Kiev deck
Overall Kiev berukuran besar dan model 1/700 nya juga cukup massif. Model ini relatif sederhana untuk ukuran kapal induk, tapi semua komponen sudah lengkap. Cocok untuk modeler yang ingin mulai merakit kapal induk. Modeler senior juga bisa menguji skill mereka pada kit ini dengan koreksi dan detailing berbagai persenjataan dan perlengkapan kapal.  

Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar