Review Tamiya 1/72 F/A-18 C/D Hornet

Tamiya 1/72 F/A-18 C/D Hornet

Secara subjektif menurut kami agak sulit mencari foto yang lebih bagus dari Hornet Swiss terbang rendah di Alpen. Terlepas dari beberapa kekurangannya, menurut kami Hornet adalah pesawat yang cantik. Hornet Swiss biasa terbang dengan konfigurasi air-to-air minimalis menunjukkan bentuk elegan fighter ini dengan sangat baik. Warna Hornet Swiss juga sepertinya sedikit berbeda dengan milik US NAVY, berpadu harmonis dengan kontur dan pencahayaan Alpen.


Walau sangat fotogenik, Swiss tentu saja tidak memilih Hornet karena hal tersebut. Sistem pemerintahan Swiss cukup unik, pembelian asset strategis seperti pesawat tempur bisa melibatkan seluruh rakyat dalam bentuk referendum. Banyak pihak di Swiss yang memandang fighter bukanlah kepentingan utama. Banyak sektor masyarakat yang lebih layak mendapat kucuran dana. Dalam tender fighter di negara lain, pabrikan cukup meyakinkan pejabat terkait saja. Tapi untuk menjual fighter ke Swiss, pabrikan harus bisa meyakinkan seluruh rakyat Swiss. Sehingga hanya fighter performa tinggi yang sesuai dengan pola operasi AU Swiss dengan harga dan biaya operasional layak lah yang bisa terpilih. Hornet varian C dan D adalah salah satu fighter yang cukup sakti untuk lolos persyaratan berat tersebut.

Swiss tidak punya wilayah laut dan juga tidak punya ambisi ofensif yang membutuhkan kapal induk. Hornet Swiss jelas tidak ditujukan untuk beroperasi di kapal induk. Tapi karakter take off/landing Hornet sangat sesuai untuk operasi dari lapangan udara pendek di Alpen. Hornet sejak awal didisain agar mudah dirawat, menjaga tingkat kesiapan AU Swiss tetap tinggi.

Gagalnya Gripen dalam tender fighter terbaru Swiss membuat Hornet harus bertugas lebih lama lagi. Berbagai program upgrade membuat Hornet varian C/D tetap relevan sampai saat ini. Hornet Semakin sakti di jarak dekat berkat kombinasi AIM-9X dan JHMCS. Perlengkapan perang elektronik seperti ECM dan RWR dimodernisasi menjadi sekelas Super Hornet. Hornet Swiss juga siap memasuki era network centric warfare berkat sistem datalink canggih. Selain itu Swiss juga dikabarkan membeli ATFLIR pod. Fungsi asli ATFLIR adalah untuk mencari target di darat lalu menandai posisinya dengan laser atau merekam koordinat GPS untuk memandu senjata yang sesuai. Tapi ATFLIR juga berguna untuk misi air-to-air yang lebih banyak dilakoni AU Swiss. Sensor ini mampu mendeteksi sasaran dengan senyap tanpa memicu RWR lawan. ATFLIR juga mampu menyediakan identifikasi visual jarak jauh, memberikan fleksibilitas untuk meluncurkan AMRAAM lebih awal.  

Tamiya 1/72 F/A-18 C/D Hornet
Tamiya 1/72 F/A-18 C/D Hornet sample result

Sebelum membaca lebih jauh, ada baiknya kami ingatkan bahwa Tamiya 1/72 Hornet ini cukup menantang. Kit ini adalah rebox Italeri dengan raised panel line. Modeler harus melakukan pengeleman dan jika perlu pendempulan dengan ekstra hati hati untuk mempertahankan raised panel line. Alternatif lainnya adalah re-scribing semua panel line. Kedua proses ini memang sulit, tapi pastinya akan meningkatkan skill modeler yang berani merakit Hornet ini.
Tamiya 1/72 F/A-18 C/D Hornet parts 1
Selain tantangan diatas, Hornet ini juga membawa beberapa kejutan menyenangkan. Detail internal kokpit terlihat cukup bagus dengan rised relief pada instrument dan side panel. Dengan pengecatan yang teliti, dan bahkan aftermarket ejection seat, kokpit akan terlihat sangat bagus. Modeler punya pilihan untuk membuat varian C single seater atau D twin seater. Semua detailing pada kokpit akan terlihat jelas berkat canopy yang jernih, tipis, dan jika diinginkan bisa dipasang pada posisi terbuka.
Tamiya 1/72 F/A-18 C/D Hornet parts 2
Bagian depan Hornet dipenuhi beragam antenna dan probe, direpresentasikan cukup lengkap dengan part terpisah yang cukup tipis. Landing gear kokoh khas Hornet juga dicetak cukup bagus. Landing gear door dicetak dalam posisi tertutup untuk mempermudah pembuatan Hornet sedang terbang. Namun bisa dipotong dengan mudah untuk membuat Hornet di darat. Tamiya/Italeri tidak menyediakan full intake trunking, tapi intake yang tersedia sudah cukup dalam dan ditutup blanking plate untuk menghasilkan model yang terlihat cukup bagus. Tersedia dua pilihan exhaust nozzle dalam posisi tertutup dan terbuka.

Pilihan load out yang disediakan cukup lengkap. Tersedia masing masing sepasang Sidewinder, HARM, Harpoon, dan drop tank. Anehnya pada sprue ada sepasang Sparrow bagus yang tidak ditunjukan di instruction sheet. Selain itu juga tersedia dua jenis targeting pod yang biasa dibawa Hornet.
Tamiya 1/72 F/A-18 C/D Hornet marking option

Pilihan decal yang tersedia pada kit ini cukup luas. Tersedia satu opsi decal untuk varian D milik NAVY/MARINES. Selain itu ada decal untuk varian C milik US NAVY, Canada, dan Swiss. Hornet Canada cukup menarik karena ada decal fake cockpit di sisi bawah untuk men-distraksi musuh pada dogfight jarak dekat. Sementara Hornet milik Swiss kaya akan cerita menarik seputar akuisisi dan modernisasinya, belum lagi di cat dengan warna yang terlihat sedikit unik.

Kit Tamiya/Italeri ini bukanlah kit Hornet terbaik di 1/72, mungkin jauh dari itu. Tapi tantangan yang disediakan kit ini bisa mengasah skill modeler ke tingkat lebih tinggi. Selain itu juga ada banyak kejutan menyenangkan di kit ini, punya potensi untuk dirakit menjadi model berkualitas dengan ketekunan dan kesabaran tentunya.

Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar